Kamis, 13 April 2017

Pentingnya Attitude dalam Dunia Kerja




Persaingan dalam dunia kerja setiap tahun semakin ketat dan kompetitif, maka dari itu setiap orang harus mempersiapkan diri dengan sebaik dan semaksimal mungkin. Salah satu yang harus dimiliki setiap orang bukan hanya kemampuan dan juga keahlian yang dimiliki namun juga attitude. Sikap anda mencerminkan kepribadian anda. Menjaga sikap sangatlah penting dimana pun anda berada, bahkan di dalam dunia kerja. Sikap anda menentukan bagaimana orang lain atau atasan dapat menerima anda.
Attitude/ sikap sangat penting karena dapat menentukan tingkat keberhasilan seseorang. Dari sebuah penilitian di Amerika, 90% kasus pemecatan disebabkan oleh perilaku yang buruk yang dilakukan oleh seorang pekerja seperti tindakan tidak bertanggung jawab, tidak jujur, serta hubungan interpersonal yang buruk. Robert Hall International, sebuah perusahaan konsultan di San Fransisco, meminta para vice president dan direktur dari 100 perusahaan terbesar di Amerika untuk menyebutkan alasan mereka memecat seorang pekerja. Dari pernyataan tersebut disimpulkan alsan utama mereka memecat seorang pekerja adalah sebagai berikut
Attitude dinilai memiliki peran penting bagi kemajuan suatu perusahaan. Karena attitude seorang karyawan dapat mencerminkan produk maupun brand image perusahaan tersebut. Apabila attitud karyawan tersebut buruk maka akan mempengaruhi buruknya pandangan masyarakat terhadap perusahaan tersebut. Dan apabila attitude yang ditunjukan karyawan tersebut baik , maka akan meningkatkan citra baik perusahaan tersebut.

ATTITUDE YANG DIBUTUHKAN DALAM DUNIA KERJA

Berikut ini attitude atau sikap yang harus dimiliki setiap pekerja:
©      Profesionalisme
Profesional disini maksudnya adalah mempunyai sikap untuk dapat bekerja keras, fokus dan memiliki tanggung jawab.
©      Open Minded
Memiliki pemikiran yang terbuka, dimana setiap pekerja mampu menerima setiap perbedaan pandangan, budaya maupun lingkungan baru.
©      Jujur
Jujur dalam setiap kegiatan yang dilakukan didalam dunia kerja. Karena dengan jujur akan menjauhkan kita dari tindakan negatif salah satunya seperti korupsi.
©      Team Work
Dapat bekerjasama dalam sebuah tim, karena dalam dunia kerja kita tidak dapat bekerja sendiri. Maka dari itu dibutuhkan kemampuan untuk dapat bekerjasama dengan baik sehingga peluang untuk suskes jauh lebih besar.
©      Rendah Hati
Rendah hati disini yaitu tidak bersikap sombong dan membanggakan diri sendiri.
©      Kritis dan selalu ingin tahu
Rasa kritis diperlukan agar kita tidak cepat puas, dan selalu ingin mencari jawaban yang lebih baik. Dan selalu ingin tahu disini adalah sikap dimana seorang pekerja selalu mengembangkan kemampuannya dengan belajar hal-hal baru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar