Ada beberapa
tips bisnis tentang cara agar bisnis yang dirintis bisa terus eksis di tengah
persaingan yang ada:
- Jadilah solusi bagi permasalahan konsumen
Banyak
bisnis muncul dari permasalahan sehari-hari. Membuat solusi dari permasalahan
ini dapat memacu inovasi dan mungkin saja meningkatkan bisnis kita. Meningkatkan
loyalitas konsumen bisa dengan cara memberi solusi permasalahan yang mereka
hadapi dengan produk yang kita tawarkan. Apabila berhasil, tentunya konsumen
tidak akan memilih pesaing Anda.
- Ikuti perkembangan pasar
Selalu ikuti
perkembangan trend pasar yang diminati para konsumen. Dengan mengikuti
perkembangan trend baru, maka secara tidak langsung kita dapat mengetahui minat
para konsumen saat ini. Semakin cepat melihat dengan jeli arah mana konsumen
berpaling, maka semakin kuat pula kita menguasai pasar. Salah satu contoh
kegagalan mengikuti perkembangan pasar dapat kita lihat dari industri
telekomunikasi handphone Nokia. Ketika iOS dan Android berkembang pesat, Nokia
justru mempertahankan platform Symbian. Keunggulan telak kualitas iOS dan
Android terhadap Symbian memang akhirnya memaksa Nokia berpindah dari Symbian
ke Windows Mobile yang mempunyai kualitas setara pesaingnya. Namun segalanya
sudah terlambat bagi Nokia. Mereka kehilangan dominasi pasar yang telah
didapatkannya selama puluhan tahun sebelumnya.
- Amati gerakan pesaing
Laju
pertumbuhan pesaing perlu diamati agar kita tahu siapa saja yang ikut bermain
dalam bisnis ini, dan strategi apa yang mereka gunakan agar bisnisnya
berkembang. Kadang kala, belajar dari pesaing itu ada manfaatnya. Kita tidak
boleh alergi dan menganggap pesaing sebagai musuh. Tidak ada salahnya
menganggap mereka sebagai “motivator” utama kita untuk tetap terus berkembang.
- Fokus perkembangan usaha
Pernahkah
Anda mengamati Hartono Elektronik? Nah, Hartono Elektronik tetap berkembang
pesat padahal pesaingnya banyak kan? Kemenangan Hartono disebabkan oleh
kekuatan fokus mereka. Tetaplah fokus untuk menentukan satu prioritas utama
yang menjadi target bisnis, baik untuk rencana jangka panjang maupun pendek.
Intinya adalah dengan menentukan prioritas utama yang ingin dicapai, secara
tidak langsung kita dapat lebih fokus membawa bisnis semakin maju.
- Perluas Networking
Semakin
banyak relasi, semakin banyak rezeki yang datang. Semakin banyak relasi maka
semakin besar pula peluang kita untuk melakukan ekspansi bisnis. Biasanya, networking
bisnis berdampak langsung dengan pemasaran sehingga dapat memajukan usaha
dengan cepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar